10 SHAHABAT RASUL YANG DI JAMIN MASUK SURGA



0 Comment

๐ŸŒ™ SIRAH SHAHABAT

Kesetiaan para sahabat dalam berjuang bersama Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… dalam menegakkan, menyiarkan dan membela agama Islam dengan pertaruhan jiwa raga, layak mendapat ganjaran yang paling mulia. Ketika mereka masih hidup, Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… menyebutkan 10 (sepuluh) sahabat-sahabat terbaiknya dijamin masuk surga. Sahabat Abdurrahman bin โ€˜Auf menceritakan kepada kita bahwa Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda:

โ€œAbu Bakar di Surga, Umar di Surga Utsman di Surga, Ali di Surga, Thalhah di Surga, az-Zubair di Surga, Abdurrahman bin โ€˜Auf di Surga, Saโ€™ad di* Surga, Saโ€™id di Surga, dan Abu Ubaidah Ibnu Jarrah di Surga.โ€ [HR. at-Tirmidzi No. 3747. Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan at-Tirmidzi dan Al-Misyjah 6118].

Berikut ini profil singkat ke-10 sahabat Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… yang dijamin masuk surga:

1. โœ…Abu Bakar as Siddiq ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡

Nama aslinya adalah Abdullah bin abi Quhafah. Ayahnya, Abu Quhafah yang nama aslinya adalah Usman bin Amir bin Amr bin Kaโ€™b bin Saโ€™d bin Taim bin Murrah bin Kaโ€™b bin Luโ€™ai bin Ghalib atTaimiy al Qurosy bertemu silisilah/ keturunan dengan Rasulullah saw di Murrah bin Kaโ€™b. Ibu Abu Bakar adalah Ummul Khair Salma binti Shokhr bin Amir bin Kaโ€™b bin Saโ€™d bin Taim bin Murrah.

Usia beliau 63 tahun, sama seperti Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. Dia termasuk orang yang pertama masuk Islam. Manusia terbaik setelah Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. Mengemban kekhilafahan selama 2,5 tahun. Riwayat-riwayat lain menyebutkan 2 tahun 4 bulan kurang 1 hari; 2 tahun; 20 bulan.

2. โœ…Abu Hafs Umar bin Khatab ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡

Umar bin Khattab bin Nufail bin Abdil Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qurth bin Razakh bin Adiyy bin Kaโ€™b bin Luโ€™ai bin Ghalib. Bertemu silisilah/ keturunan dengan Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… di Murrah bin Kaโ€™b. Ibunya adalah Khantamah binti Hasyim. Riwayat lain menyebutkan binti Hisyam bin al Mughirah bin Abdullah bin Umar bin Makhzum. Umar masuk Islam di Mekah, dan mengikuti seluruh peperangan bersama Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู….

3. โœ…Abu Abdullah Utsman bin Affan ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡

Ia adalah cucu dari Abu al Ash bin Umayyah bin Abdu Syams bin Abdu Manaf. Nasab keturunannya bertemu dengan Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… di Abdu Manaf, yang merupakan kakek ke lima. Nama ibunya adalah Arwa binti Kuraiz bin Rabiah bin Habib bin Abdi Syams bin Abdu Manaf. Sementara Ibunya adalah putri Ummul Hakim al Baidhaโ€™ binti Abdul Muthalib.

Utsman masuk Islam pada awal datangnya Islam di Mekah. Melakukan hijrah 2 kali (Habasayah dan Medinah). Menikahi 2 puteri Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. Mengemban kekhilafahan selama 12 tahun kurang 10 hari. Ada riwayat menyebutkan kurang 12 hari. Terbunuh pada 18 Dzul Hijjah tahun ke-35 Hijriah baโ€™da Ashar. Saat itu ia sedang puasa. Ia meninggal pada usia 82 tahun.

4. โœ…Abu al Hasan Ali bin Abi Thalib ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡

Dia adalah cucu Abdul Mutthalib, sepupu Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. Dia dilahirkan oleh Fatimah binti Asad bin Hasyim bin Abdi Manaf. Fatimah adalah wanita Bani Hasyim pertama yang melahirkan keturunan dari Bani Hasyim. Masuk Islam di Mekah lalu hijrah ke Madinah dan wafat pada zaman Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู….

Ali bin Abi Thalib menikah dengan Fatimah puteri Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. Kemudian lahirlah Hasan, Husein dan Muhassin dari pernikahan ini. Tetapi Muhassin wafat tatkala masih kecil.

5. โœ…Abu Muhammad Thalhah bin Ubaidillah ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡

Ia cucu Usman bin Amr bin Kaโ€™b bin Saโ€™d bin Taim bin Murrah bin Kaโ€™b bin Luayy bin Ghalib. Bertemu silsilah / keturunan dengan Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… di Murrah bin Kaโ€™b. Ibu Thalhah adalah Shaโ€™bah binti Khadrami, saudari al Alaโ€™ bin Khadrami. Nama asli al Khadrami adalah Abdullah bin Abbad bin Akbar bin Auf bin Malik bin Uwaif bin Khazraj bin Iyadh bin Sidq. Ibunya masuk islam dan wafat dalam Islam.

Thalhah masuk islam pada awal datangnya Islam di Mekah. Turut serta dalam Perang Uhud dan peperangan setelahnya. Dia tidak turut dalam Perang Badar karena saat itu ia di Syam untuk berdagang.

Tetapi Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… memberikannya harta rampasan perang Badar dan menetapkannya sebagai ahli Badar.

6. โœ…Abu Ubaidillah Zubair bin Awwam ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡

Ia cucu Khuwailid bin Asad bin Abdul Uzza bin Qushayy bin Kilab. Nasab keturunannya bertemu dengan Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… di Qushayy bin Kilab, yang merupakan kakek ke lima. Ibunya, Shafiyyah binti Abdul Mutthalib, bibi Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. Masuk Islam dan Hijrah ke Madinah.

Zubeir berhijrah dua kali (Habasayah dan Medinah) dan ia shalat dua kiblat (sebelum dirubah menghadap kaโ€™bah, dahulu kaum muslimin shalat menghadap masjidil Aqsa). Ia adalah orang yang pertama kali menghunus pedangnya di perang fi sabilillah. Ia disebut hawaryy Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู….

7. โœ…Saโ€™ad bin Abi Waqas ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡

Nama Abi Waqas adalah Malik bin Uhaib bin Abdi Manaf bin Zuhrah bin Kilab. Bertemu silsilah/ keturunan dengan Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… di Kilab bin Murrah. Ibunya, Hamnah binti Sufyan bin Umayyah bin Abdu Syams bin Abdi Manaf. Saโ€™ad masuk Islam pada awal datangnya Islam di Mekah. Ia berkata: โ€œSaya adalah orang ketiga yang masuk Islam.โ€

Turut serta dalam Perang Badar dan seluruh peperangan setelahnya bersama Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. Ia adalah orang yang pertama kali melontarkan anak panahnya di perang fi sabilillah. Adapun lontaran anak panahnya diarahkan pada sebuah pasukan yang di dalamnya terdapat Abu Sofyan. Pertemuan 2 pasukan itu terjadi dekat Rabigh di awal tahun pertama Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… datang di Madinah.

8. โœ…Abu al โ€˜Awar Said bin Zaid bin Amr ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡

Ia cucu Nufail bin Abdul Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qurt bin Razah bin Adyy bin Kaโ€™b bin Luayy bin Ghalib. Bertemu silisilah/ keturunan dengan Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… di Kaโ€™b bin Luayy. Ibunya, Fatimah binti Baโ€™jah bin Umayyah bin Khuwailid, dari Bani Mulaih dari Khuzaah.

Said bin Zaid adalah sepupu Umar bin Khatthab ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡, dan menikah dengan saudara Umar, Ummu Jamil binti Khattab. Ia masuk Islam pada awal datangnya Islam di Mekah. Namun ia tidak turut dalam Perang Badar. Diantara Puteranya adalah Abdullah, seorang penyair. Zubeir bin Bakkar berkata: Said anaknya sedikit, dan diantara mereka tinggal di luar Madinah. Said meninggal tahun 51 H, saat itu ia tengah berusia lebih dari 70 tahun.

9. โœ…Abu Muhammad Abdurrahman bin Auf bin Abdi Auf ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡

Ia cucu Ibnu Abd bin al Haris bin Zuhrah bin Kilab. Bertemu silsilahnya dengan Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… di Kilab bin Murrah. Ibunya bernama As Syifaโ€™. Riwayat lain menyebutkan alโ€™ Anqaโ€™ binti Auf bin Abdul Harits bin Zuhrah ia masuk Islam dan hijrah.

Abdurrahman bin Auf masuk Islam pada awal datangnya Islam di Mekah. Turut serta dalam Perang Badar dan seluruh peperangan setelahnya bersama Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. Dalam riwayat sahih disebutkan bahwa Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… pernah menjadi makmum shalat padanya saat Perang Tabuk.

10. โœ…Abu Ubaidah Amir bin Abdullah bin al Jarrah ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡

Ia cucu Hilal bin Uhaib bin Dhabbah bin al Harrits bin Fihr bin Malik. Dilahirkan Ummu Ghanm binti Jabir bin Abdul Uzza bin Amir bin Umairah bin Wadiโ€™ah bin Al Harits bin Fihr. Dalam riwayat lain: Umaimah binti Ghanm bin Jabir bin Abdul Uzza. Bertemu silisilah/ keturunan dengan Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… di Fihr bin Malik.

Abu Ubaidah masuk islam pada awal datangnya Islam di Mekah, sebelum Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… masuk Darul Arqam. Turut serta dalam Perang Badar dan beberapa peperangan setelahnya bersama Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…. Pada saat Perang Uhud, ia mencabut dua gelang (dari rajutan baju besi) yang menancap di wajah Rasulullah ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… dengan gigi depannya. Akibatnya, tanggallah 2 giginya.

๐Ÿ“š Referensi bacaan:

Sejarah Rasulullah, Al-Hafiz Abdul Ghani bin Abdul Wahid Al-Maqdisy , IslamHouse.com

โ€ขโ”ˆโ”ˆโ€ขโ€ขโ๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒนโโ€ขโ€ขโ”ˆโ”ˆโ€ข

โ€Žุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…
โ€Žุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุช

Kami mengajak Para Muhsinin untuk men-support acara Safari Dakwah dan Pengobatan Gratis di Pacitan serta Khitanan Massal di Sidoarjo, yang In Syaa Allah akan diadakan di bulan Januari hingga April 2019.

Dalam acara Safari Dakwah ini, In Syaa Allah akan diadakan di

1. Desa Dawung.
2. Desa Srau
3. Desa ponggok
4. Desa Watu Karung
5. Masjid Agung Pacitan

Adapun kekurangan dana untuk acara tersebut diatas adalah Rp. 20.000.000,-

Adapun donasi bisa di transfer ke:

No. Rek : 2710696295
Bank : BCA
A.n. Nugroho Wicaksono

Setelah transfer, mohon memberikan konfirmasi ke:
1. +62 0813-3414-7360 (Ernanda)
2. +62 0896-9752-5526 (Ardho)
3. +62 0881-500-6720 (Nugroho)

โ€ขโ”ˆโ”ˆโ€ขโ€ขโ๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒนโโ€ขโ€ขโ”ˆโ”ˆโ€ข

*Perolehan Donasi Sementara*

Alhamdulillah, perolehan dana hingga tadi malam, total sebesar Rp. 1.000.000,-

Adapun rinciannya sbb:

18/12/18 Fulan, Sidoarjo, Rp. 1.000.000,-

Atas partisipasi dan ta’awunnya kami ucapkan jazaakumullohu khoiron (Semoga Allah membalas anda dengan kebaikan).

Leave a Reply