HIKMAH DALAM SUNNAH-4, wudhu Rosulullah ﷺ



0 Comment

*📖 HIKMAH DALAM SUNNAH-4*

📚Dari Abdullah ibnu Zaid menceritakan mengenai gambaran wudhu Rosulullah ﷺ.:

شُمَّ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَدْخَلَ  بِيَدَيْهِ  فَمَضْمَضَ وَسْتَنْثَقَ مِنْ كَفٍ وَاحِدٍ

.   يَفْعَلُ  ذَلِكَ  ثَلاَثًا . مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

”Kemudian Rasulullah ﷺ memasukkan kedua tangannya(untuk mengambil air), lalu *berkumur* dan ber-istinsyaq dari telapak tangan yang sama. Hal ini beliau lakukan sebanyak tiga kali.” ( _Muttafaq ’alaih_ )

📚Dari Abu Huroiroh radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi ﷺ bersabda,

لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي أَوْ عَلَى النَّاسِ لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ صَلَاةٍ

_“Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan *memerintahkan mereka bersiwak* setiap hendak menunaikan shalat.” (HR. Al-Bukhari)_

Kesehatan mulut sangat lah penting disamping untuk kesempurnaan proses pencernaan makanan saat mengunyah, juga bermanfaat untuk mencegah timbul nya komplikasi penyakit akibat penyakit Gigi dan mulut salah satunya penyakit jantung.

Rasulullah ﷺ dalam tuntunannya sangat menganjurkan untuk menjaga kesehatan mulut dengan *berkumur paling sedikit 5 Kali salam sehari* sebagaimana yg disebutkan dalam riwayat Ibnu Abbas. Dia menceritakan,

تَوَضَّأَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّةً مَرَّة
Nabi ﷺ berwudhu sekali-sekali. (HR. Bukhari)

📌 Disamping berkumur ternyata Nabi sangat ingin agar umat nya menggosok gigi nya yang menjadi sarana dalam sistem pencernaan agar penyerapan makanan menjadi lebih baik.

⚠ Mulut merupakan tempat yang ideal bagi perkembangan bakteri. Bila tidak dibersihkan dengan baik, sisa makanan yang terselip bersama bakteri akan tumbuh menjadi plak yang pada akhirnya menyebabkan gigi berlubang.
Dampak lain dari tidak menjaga Kesehatan mulut adalah
1⃣ Gusi bengkak dan berdarah
2⃣ Nafas tidak segar (baru)
3⃣ Gigi goyang/sensitif
4⃣ Sariawan.

Mulai sekarang biasakanlah diri kita dan keluarga untuk menjaga wudhu dengan benar dan bersikat gigi sesuai dengan tuntunan Rasulullah ﷺ.

Semoga bermanfaat
🗓 8 Rabi’ul Awwal 1439 H
Ditulis oleh Mochamad Faishal Riza, SpJP

Leave a Reply