Jalan menuju hidayah



0 Comment

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ۚ وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.

Berkata Dr. Wahbah az-Zuhaili,
Mereka adalah orang-orang yang berhijrah di jalan Allah dan berjihad melawan musuh mereka. Mereka mengerahkan kemampuannya untuk mencari keridhaan-Nya. Yakni yang menyampaikan mereka kepada Kami, karena mereka adalah orang-orang yang berbuat ihsan. Dengan memberikan bantuan, pertolongan dan hidayah. Ayat ini menunjukkan, bahwa orang yang layak mendapatkan kebenaran adalah orang yang sungguh-sungguh, dan bahwa orang yang berbuat ihsan dalam melaksanakan perintah Allah, maka Dia akan membantunya serta memudahkan sebab-sebab hidayah. Ayat ini juga menunjukkan, bahwa orang yang bersungguh-sungguh mencari ilmu syar’i, maka dia akan mendapatkan hidayah dan pertolongan dari Allah. Di samping itu, mencari ilmu merupakan salah satu di antara dua jihad, di mana tidak ada yang melakukannya kecuali manusia-manusia pilihan, yang pertama yaitu jihad dengan ucapan dan lisan kepada kaum kafir dan munafik, jihad untuk berusaha mengajarkan agama dan membantah orang-orang yang menyelisihi yang hak, sedangkan yang kedua adalah jihad fisik (perang). Selesai tafsir surah Al ‘Ankabut dengan memuji Allah dan dengan pertolongan-Nya. [Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili]

Berkata Syaikh As-Sa’dy dalam menafsirkan ayat ini, Mereka adalah orang orang yang berhijrah di jalan Allah dan berjihad melawan musuh mereka serta mereka mencurahkan kesungguhan mereka untuk mengikuti keridhoan Allah. (Benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami) Yaitu jalan jalan yang mengantarkan kepada Kami yang demikian dikarenakan mereka adalah orang yang senantiasa berbuat ihsan. (Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik). Yaitu dengan bantuan, pertolongan dan hidayah.
Ini menunjukkan :
bahwa orang yang paling pantas untuk diberi taufiq mencocoki kebenaran adalah ahlul jihad
bahwa siapa saja yang berbuat ihsan dalam hal yang diperintahkan maka Allah akan menolongnya dan Allah akan mudahkan baginya sebab sebab mendapatkan hidayah.
Bahwa siapa saja yang bersungguh sungguh dan bersemangat dalam thalabul ilmi syar’i maka akan sampai kepadanya petunjuk dan pertolongan untuk mendapatkan apa yang diinginkan, demikian ini adalah urusan dan kuasa Allah, diluar jangkauan kesungguhannya. Dan Allah akan mudahkan baginya perkara ilmu, karena tholabul ilmi syar’i adalah termasuk jihad fiisabilillah, bahkan salah satu dari dua macam jihad yang tidak akan bisa menegakkannya kecuali orang orang khusus, yaitu :
– jihad dengan ucapan dan lisan menghadapi orang kafir dan munafik dan
– mengajarkan perkara perkara agama serta membantah penyimpangannya orang-orang yang menyelisihi al haq walaupun mereka dari kalangan orang islam.

[Tafsir As sa’dy]

Wallahu a’lam

🍃 Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc