KEISTIMEWAAN SEBELUM KENABIAN



0 Comment

*🌙 SIRAH NABAWIYAH*

————— EPISODE 15 —————

*🌴 “KEISTIMEWAAN SEBELUM KENABIAN”*

Sesungguhnya dalam perkembangan hidupnya, Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam telah mengoleksi sebaik-baik keistimewaan yang dimiliki oleh masyarakat kala itu. ‘Beliau adalah tipe ideal dari sisi kejernihan berpikir dan ketajaman pandangan’. Beliau memiliki porsi kecerdikan yang lebih, orisinilitas pemikiran dan ketepatan sarana dan tujuan. Diamnya yang panjang, beliau gunakan untuk merenung yang lama, memusatkan pikiran serta memantapkan kebenaran.

Dengan akalnya yang subur & fitrahnya yang suci, beliau memonitor lembaran kehidupan, urusan manusia & kondisi banyak kelompok. Karenanya, ‘Beliau tidak mengacuhkan segala bentuk khurafat & menjauhkan diri dari hal itu’.

Beliau berinteraksi dengan manusia secara ‘bashirah’ (penuh pertimbangan) terhadap urusannya dan urusan mereka. Mana urusan yang baik, beliau ikut berpartisipasi di dalamnya dan jika tidak, beliau lebih memilih untuk mengasingkan diri.

Beliau tidak pernah minum khamar,
tidak pernah makan daging yang dipersembahkan kepada berhala,
tidak pernah menghadiri hari-hari besar berhalaisme ataupun pesta-pestanya bahkan dari sejak masa kanak-kanaknya sudah menghindari sesembahan yang batil tersebut.
Lebih dari itu, tidak ada sesuatu pun yang paling dibencinya selain hal itu bahkan saking bencinya, beliau tidak dapat menahan diri bila mendengar sumpah dengan nama ‘Lata’ dan ‘Uzza’.

Tidak dapat disangkal lagi bahwa berkat ‘takdir Ilahi’-lah, beliau diliputi penjagaan dari hal tersebut. Manakala hawa nafsu menggebu-gebu untuk mengintai sebagian kenikmatan duniawi dan rela mengikuti sebagian tradisi tak terpuji, ketika itulah ‘Inayah Rabbaniyyah’ menyusup dan menghalanginya dari melakukan hal-hal tersebut.

‘Imam Al-Bukhari meriwayatkan dari Jabir bin Abdullah’, dia berkata, “Ketika Ka’bah direnovasi, Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam dan Abbas mengangkuti bebatuan, lalu Abbas berkata kepada Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam,

‘Gantungkan kainmu ke atas lehermu agar kamu tidak terluka oleh bebatuan’,

namun beliau tersungkur ke tanah karena kedua mata beliau menengadah ke langit, tak berapa lama kemudian beliau baru tersadar, sembari berkata, ‘Mana kainku, mana kainku!’ ,

Lalu beliau mengikat kembali kain tersebut dengan kencang”. [Shahih Al-Bukhari, bab Bunyanil Ka’bah, 1/540]

Dalam riwayat yang lain disebutkan,
“Maka setelah itu, aurat beliau tidak pernah lagi terlihat.”

DI kalangan kaumnya, Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam memilliki keistimewaan dalam tabiat yang baik, akhlak yang mulia dan sifat-sifat yang terpuji. ‘Beliau merupakan orang yang paling utama dari sisi muru’ah (penjagaan kesucian & kehormatan diri)’,
paling baik akhlaknya,
paling agung dalam bertetangga,
paling agung sifat bijaknya,
paling jujur bicaranya,
paling lembut wataknya,
paling suci jiwanya,
paling dermawan dalam kebajikan,
paling baik dalam beramal,
paling menepati janji serta paling amanah sehingga beliau dijuluki oleh mereka sebagai ‘Al-Amin’.

Semua itu karena pada diri beliau terkoleksi kepribadian yang shalih & pekerti yang disenangi. Akhlak beliau adalah sebagaimana yang dikatakan oleh Ummul Mukminin, Khadijah radhiyallahu anha, “Engkau adalah orang yang memikul beban si lemah, memberi nafkah si papa (orang yang tidak memiliki apa-apa), menjamu para tamu dan selalu menolong dalam upaya penegakan segala bentuk kebenaran.” [Shahih Al-Bukhari]

In Syaa Allah berlanjut ahad besok

📝 “FOOTNOTES:” 📝

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam semenjak masa kecil hidup dalam akidah yang benar, tidak terpengaruh dengan akidah & moral jahiliyah, walaupun dikelilingi oleh agama dan budaya. Beliau selalu Lestari dalam keistimewaannya:

[1]
Beliau menghina patung-patung yang disembah oleh kaumnya itu. Beliau mengetahui bahwa patung-patung tersebut tidak bisa mendatangkan manfaat dan mudharat.

[2]
Beliau sama sekali tidak pernah meminum khamar & tidak pernah mendekati kemaksiatan, dan tidak terlibat dalam permainan judi, atau permainan tidak berguna, walaupun beliau Shallallahu Alaihi Wa Sallam senantiasa bergaul bersama masyarakatnya, hidup dengan mereka, dan menemani mereka dalam aktivitas keseharian yang dibolehkan.

[3]
Ada ke-ma’shum-am yang menjaganya dari kesalahan-kesalahan moral.

[4]
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam dikenal dengan kejujurannya, tidak pernah sekali kesempatan pun didapati beliau berbohong. Hal itu dibenarkan tatkala beliau naik ke bukit Shafa’ kemudian memanggil manusia, yaitu setelah mereka bertanya siapa yang memanggil dan mengetahui bahwa dia itu adalah Muhammad,
kemudian setelah mereka berkumpul,
Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam berkata,

“Bagaimanakah pandangan kalian kalau saya berkata bahwa pasukan berkuda akan muncul dari lereng gunung sana, apakah kalian mempercayai saya?”

Mereka semua berkata, “Kami belum pernah menemukan kamu berbohong”.

Dia berkata, “Saya adalah pemberi peringatan yang diutus kepada kalian sebelum datangnya hari pembalasan yang pedih”. [Shahih Al-Bukhari bersama Al-Fathu, 8/337 hadits no. 4471, kitab At-Tafsir, bab surat Tabbat Yada Abi Lahab]

Mereka di sini, di depan banyak manusia berkata, “Kami tidak pernah mendengar kamu berbohong, kamu dikenal sebagai orang yang terpercaya semenjak kecil”. [Fikih Sirah Nabawiyah]

Mari bersholawat atas Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam

Mari mempelajari perjalanan hidup suri teladan kita Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam

Sumber Buku:

– Ar-Rahiq al-Makhtum (Sirah Nabawiyah Perjalanan Hidup Rasul yang Agung Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam, edisi revisi); Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri (Penerbit Darul Haq, Jakarta)

– Fikih Sirah Nabawiyah; Prof. Dr. Zaid bin Abdul Karim Az-Zaid (Penerbit Darus Sunnah, Jakarta)

•┈┈••❁🌹🌹🌹❁••┈┈•

*PROGRAM TA’AWUN GROUP PARA PENCINTA SUNNAH*

Bagi yang ingin berdonasi di kegiatan ta’awun Para Pencinta Sunnah, dana dapat disalurkan ke :

Rekening PPS
BNI SYARIAH
NURKHOLID ASHARI
NOREK : 0431487389
KODE BANK : 427 (Jika transfer dari bank lain)

Lalu konfirmasi ke salah satu Admin :

Farid : 0823-3603-7726
Nugroho : 0881-5006-720
Nurkholid : 081-331-946-911

Konfirmasi :
#nama#tanggal transfer#jumlah#keperluan

Atas partisipasi dan ta’awunnya kami ucapkan jazaakumullohu khoiron (Semoga Allah membalas anda dengan kebaikan).

•┈┈••❁🌹🌹🌹❁••┈┈•

🌐 Website: bit.ly/ParaPencintaSunnah
💻 Facebook: bit.ly/fb-ParaPencintaSunnah
📷 Instagram: bit.ly/IG-ParaPencintaSunnah
📺 Youtube Channel:
bit.ly/Youtube-ParaPencintaSunnah
📱 Twitter: bit.ly/Twitter-ParaPencintaSunnah
🖨 Telegram: bit.ly/Telegram-ParaPencintaSunnah

Leave a Reply