Mengimani Takdir Allah



0 Comment

๐Ÿ’ซ Mengimani Takdir Allah โ€ฆ

Beriman kepada takdir adalah salah satu rukun iman, dan mengingkarinya merupakan kekufuran.
Beriman kepada takdir Allah dapat menumbuhkan sikap positif atas apa yang terjadi dan apa yang akan dihadapi di masa depan. Selain itu orang yang beriman kepada takdir Allah akan mudah berserah diri atau bertawakkal kepada Allah.
Beriman kepada takdir Allah atau qada dan qadar menjadikan seseorang yakin dengan sepenuh hati bahwa segala hal yang telah , sedang dan akan terjadi adalah kehendak dari Allah.

Segala sesuatu yang telah terjadi, sedang terjadi, dan akan datang semua tidak akan keluar dari ketetapan Allah, sesuai dengan ilmu-Nya dan hikmah-Nya.
Rasulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… bersabda,

ูƒูŽุชูŽุจูŽ ุงู„ู„ู‡ู ู…ูŽู‚ูŽุงุฏููŠู’ุฑูŽุงู„ู’ุญูŽู„ุงูŽุฆูู‚ู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฎู’ู„ูู‚ูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงูˆูŽุงุชู ูˆูŽุงู’ู„ุงูŽุฑู’ุถูŽ ุจูุฎูŽู…ู’ุณููŠู’ู†ูŽ ุฃูŽู„ู’ููŽ ุณูŽู†ูŽุฉู

โ€œAllah telah menulis takdir seluruh makhluk sebelum menciptakan langit dan bumi dengan tenggang waktu 50 ribu tahun.โ€ [HR. Muslim]

Berkata Imam Al-Hasan Al-Bashri ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ,

ู…ู† ูƒุฐุจ ุจุงู„ู‚ุฏุฑ ูู‚ุฏ ูƒุฐุจ ุจุงู„ู‚ุฑุขู†.

โ€œBarangsiapa mendustakan takdir sesungguhnya dia telah mendustakan al-Qurโ€™an.โ€ [Aqwal Tabiโ€™in fi Masaโ€™il at-Tauhid wa al-Iman [1/138]]

Imam at-Thahawi ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ menjelaskan tentang takdir:
โ€œAllah menciptakan makhluk dengan ilmu-Nya, lalu Allah tetapkan takdir dan ajalnya. Tidak ada yang tersembunyi bagi-Nya sesuatupun sebelum diciptakan. Dia mengetahui perbuatan mereka sebelum diciptakan. Dia memerintahkan untuk taat kepada-Nya serta melarang berbuat maksiat kepada-Nya. Segala sesuatu berjalan sesuai dengan suratan takdir dan kehendak-Nya. Kehendak-Nya pasti terealisasi. Seorang hamba tidak memiliki kehendak, kecuali jika Dia memberinya kehendak. Apa yang dikehendakinya akan terjadi, dan apa yang tidak dikehendaki-Nya tidak akan terjadi. Seluruh makhluk berada dalam garis kehendak-Nya, antara karunia dan keadilan-Nya. Dia Maha Tinggi sehingga tidak memiliki lawan dan tandingan, tak ada yang menolak kehendak-Nya, tidak ada yang berhak berkomentar terhadap keputusan-Nya dan tidak ada yang mengalahkan perintah-Nya. Kita beriman kepada semuanya itu dan meyakini bahwa semuanya dari sisi-Nya.โ€
[Al-โ€˜Aqidah ath-Thahawiyah, hlm. 21]

Beriman kepada takdir memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  1. Bebas dari rasa takut dan tidak aman, karena tahu bahwa apa yang ditakdirkan Allah pasti terjadi dan tidak dapat dihindari.
  2. Tidak merasa sedih atas segala hal yang luput dan hilang, karena tahu bahwa segala hal hanyalah titipan. Selain itu, percaya seandainya ditakdirkan untuknya, bagaimanapun hal itu tak akan hilang darinya. Sebagaimana Abu Hazim Az-Zahid menjawab ketika ditanya, “Mengapa kamu tidak merasa gelisah terhadap rezekimu?”
    Dia menjawab, “Aku tahu bahwa yang menjadi milikku pasti akan datang kepadaku. Sekalipun seluruh dunia berupaya mengambilnya, tidak akan pernah bisa. Dan yang bukan milikku, seandainya aku berupaya dengan kekuatan seluruh penduduk bumi, tidak akan kudapatkan karena Allah menjadikan itu bukan untukku.”
  3. Tidak muncul kegembiraan yang berlebihan akan hal yang dimiliki seperti harta, anak atau kedudukan, karena tahu bahwa hal itu tidak kekal dan sewaktu-waktu dapat hilang sesuai dengan takdir-Nya
  4. Semangat mengamalkan kebaikan yang diperintahkan dan menjauhi segala hal yang dilarang. Jiwa pun menjadi tenang karena tahu bahwa yang ditakdirkan itulah yang akan terjadi, sedangkan yang tidak ditakdirkan tidak akan terjadi.
  5. Tahu dan paham benar bahwa musibah yang menimpa diri sesungguhnya akibat dari sebab-sebab yang telah ditakdirkan sehingga berusaha menghindari sebab-sebab yang merugikan dan berpegang pada sebab-sebab yang menguntungkan.
    (Inilah.com).

Wallahu a’lam

๐Ÿƒ Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

โ€ขโ”ˆโ”ˆโ€ขโ€ขโ๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒนโโ€ขโ€ขโ”ˆโ”ˆโ€ข

PROGRAM TA’AWUN GROUP PARA PENCINTA SUNNAH

Bagi yang ingin berdonasi di kegiatan ta’awun, dana dapat disalurkan ke :

Rekening PPS
BNI SYARIAH
YAYASAN PARA PEMBELA SUNNAH
NOREK : 7807878003
KODE BANK : 427 (Jika transfer dari bank lain)

Lalu konfirmasi ke salah satu Admin :

dr. M. Faishal Riza Sp.JP : 0811-360-7893
Agus Wijaya : 0812-3082-0070
M. Eko Subekti : 0812-3489-2689

Konfirmasi :

nama#tanggal transfer#jumlah#keperluan

Atas partisipasi dan ta’awunnya kami ucapkan jazaakumullohu khoiron (Semoga Allah membalas anda dengan kebaikan).

โ€ขโ”ˆโ”ˆโ€ขโ€ขโ๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒนโโ€ขโ€ขโ”ˆโ”ˆโ€ข

๐ŸŒ Website: bit.ly/ParaPencintaSunnah
๐Ÿ’ป Facebook: bit.ly/fb-ParaPencintaSunnah
๐Ÿ“ท Instagram: bit.ly/IG-ParaPencintaSunnah
๐Ÿ“บ Youtube Channel:
bit.ly/Youtube-ParaPencintaSunnah
๐Ÿ“ฑ Twitter: bit.ly/Twitter-ParaPencintaSunnah
๐Ÿ–จ Telegram: bit.ly/Telegram-ParaPencintaSunnah