MENYAMPAIKAN AL-HAQ



0 Comment

*🌙 SIRAH NABAWIYAH*

————— EPISODE 25 —————

*MENYAMPAIKAN AL-HAQ (bagian 3)*

Kaum Quraisy bangkit menentang karena mereka memahami arti dari Uluhiyah yang diemban oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Langkah pertama yang dilakukannya adalah mendekati paman beliau, Abu Thalib. Mereka meminta agar Abu Thalib menjadi mediator yang menghentikan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dari menghina dan mencemooh tuhan-tuhan mereka dan menganggap nenek moyang mereka sesat.

Az-Zuhri dan Ibnu Ishak berkata,
“Setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajak kaumnya masuk Islam dan mengumumkannya dengan terang-terangan seperti perintah ALLAH, mereka menghadapinya dengan santai-santai saja, tetapi tatkala tuhan mereka mulai disinggung dan dicemooh, maka mereka memberikan respons.”

Al-‘Utaqi berkata, “Itu terjadi pada tahun ke-4, setelah tuhan mereka mulai disinggung dan dicemooh, mereka kemudian mempermasalahkannya dan melakukan pembelaan. Mereka sepakat untuk memusuhi beliau dan melawannya, kecuali bagi yang diberikan hidayah untuk masuk Islam. Jumlah mereka yang muslim itu sedikit serta bergerak dengan sembunyi-sembunyi.”

Paman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tampil melakukan pembelaan terhadap beliau, hingga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bebas melakukan dakwah tanpa ada yang merintanginya.

Namun, setelah mereka melihat bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bebas melakukan dakwahnya yang menurut mereka berorientasi penghinaan dan pelecehan terhadap tuhan mereka, sementara Abu Thalib membelanya dengan maksimal, maka mereka akhirnya menemui Abu Thalib.

Mereka berkata, “Wahai Abu Thalib, sesungguhnya anak saudaramu telah menghina tuhan-tuhan kami. Dia mencemooh agama kami. Dia menganggap kami tidak berakal dan menganggap nenek moyang kami sesat. Oleh karena itu, kami mohon agar kamu menghentikannya atau membiarkan kami menghadapinya sesuai dengan kebijakan kami. Karena kamu juga berada pada pihak kami, tidak mengikuti ajarannya, maka biarkanlah kami membebaskan kamu dari perbedaannya.”

Abu Thalib menjawab permintaan mereka dengan baik dan kata-kata yang lembut, hingga akhirnya mereka meninggalkan Abu Thalib. [1]

📜 HIKMAH (PELAJARAN) 📜

[A]
Pada awalnya, Quraisy tidak menghiraukan dakwah yang diemban oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika beliau mulai mempermasalahkan tentang tuhan-tuhan mereka dan berbicara mengenai keesaan ALLAH, serta hal-hal lainnya yang bertentangan dengan kebiasaan mereka, mulai terjadi perseteruan.

Mereka mulai mengetahui hakikat dakwah yang dibawakan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Mereka baru menyadari bahwa agama itu intinya adalah tauhid sebelum yang lainnya, yaitu hati dan semua anggota tubuhnya diberikan dan diarahkan hanya kepada ALLAH dan tidak ada sekutu bagi-NYA.

Mereka mengenal hakikat agama itu,
maka kemudian mereka tampil untuk menentangnya. Sangat disayangkan karena masih ada dewasa ini, sebagian umat Islam yang belum mengerti tentang hakikat agama Islam. Mereka mengikrarkan kalimat La Ilaha Illallah pagi dan petang, tetapi mereka tetap berkeliling di kuburan, melakukan istighatsah (meminta tolong) kepada yang dianggap wali, berdoa kepada selain ALLAH, atau berharap dan takut kepada selain ALLAH, yang perkataannya bertentangan dengan perbuatannya. Seandainya dikatakan kepada mereka bahwa kuffar Quraisy lebih memahami tentang makna La Ilaha Illallah daripada mereka, maka mereka pastilah marah.

In Syaa Allah bersambung minggu depan…….

Footnote:

[1] As-Syami, Subulul Huda Wa Ar-Rasyad, 2/437.

Sumber Buku:
– Fikih Sirah Nabawiyah; Prof. Dr. Zaid bin Abdul Karim Az-Zaid [Penerbit Darus Sunnah, Jakarta]

•┈┈••❁🌹🌹🌹❁••┈┈•

*PROGRAM TA’AWUN GROUP PARA PENCINTA SUNNAH*

Bagi yang ingin berdonasi di kegiatan ta’awun Para Pencinta Sunnah, dana dapat disalurkan ke :

Rekening PPS
BNI SYARIAH
NURKHOLID ASHARI
NOREK : 0431487389
KODE BANK : 427 (Jika transfer dari bank lain)

Lalu konfirmasi ke salah satu Admin :

Farid : 0823-3603-7726
Nugroho : 0881-5006-720
Nurkholid : 081-331-946-911

Konfirmasi :
#nama#tanggal transfer#jumlah#keperluan

Atas partisipasi dan ta’awunnya kami ucapkan jazaakumullohu khoiron (Semoga Allah membalas anda dengan kebaikan).

•┈┈••❁🌹🌹🌹❁••┈┈•

🌐 Website: bit.ly/ParaPencintaSunnah
💻 Facebook: bit.ly/fb-ParaPencintaSunnah
📷 Instagram: bit.ly/IG-ParaPencintaSunnah
📺 Youtube Channel:
bit.ly/Youtube-ParaPencintaSunnah
📱 Twitter: bit.ly/Twitter-ParaPencintaSunnah
🖨 Telegram: bit.ly/Telegram-ParaPencintaSunnah

Leave a Reply