Senjata yang paling kuat bagi seorang mukmin



0 Comment

Ada keteguhan hati orang yang berpegang dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah, sehingga mereka tidak akan mudah goyah ketika datang gelombang syubhat menerpanya.

Allah berfirman,

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوا

Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allâh dan Rasûl-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu. [QS. Al-Hujurat:15]

Barangsiapa yang berpegang teguh terhadap Kitab Allâh dan Sunnah Nabi-Nya, dengan berpedoman dan berlandaskan pada keduanya, maka keselamatan, istiqamah dan jauh dari penyelewengan akan menyertainya atas izin Allah.

Keteguhan di atas Islam akan terwujud dengan berlandaskan pada Al-Kitab dan As-Sunnah. Dan Islam tidak bisa kokoh pada diri seseorang, kecuali dengan ilmu yang bermanfaat dan amal shalih. Dua hal inilah yang dibawa oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلن, seperti dalam firman-Nya.

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَىٰ وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ

“Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (Al-Quran) dan agama yang benar untuk dimenangkanNya atas segala agama. [QS. At-Taubah: 33]

❐ Berkata Al-Allamah Sholih Al-Fauzan حفظه الله,

【 إذا تسلحت بالكتاب والسنة
فإنك لا تغلب أبداً.
لكن إذا لم يكن عندك علم
فأنت تذهب مع أوّل شبهة. 】
[شرح النووية (1/176)].

ًTatkala kamu bersenjatakan dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah maka kamu tidak akan terkalahkan selama-lamanya. Akan tetapi apabila tidak ada ilmu dalam dirimu maka kamu akan tenggelam bersamaan awal pertama adanya syubhat.

[Syarh An-Nawawiyyah (1/176)]

Wallahu a’lam

🍃Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

•┈┈••❁🌹🌹🌹❁••┈┈•